Teknik Informatika menjadi salah satu program studi yang banyak dicari saat ini, kemampuannya dalam bidang komputer dan pendataan menjadi salah satu daya tarik perusahaan untuk merekrut lulusan dari program studi ini. Karenanya tidak heran jika prospek kerja dari lulusan prodi ini begitu luas, sehingga banyak mahasiswa yang berbondong-bondong masuk jurusan Teknik Informatika.

Untuk mendapatkan pengajaran terbaik, memilih universitas dengan prodi Teknik Informatika terbaik menjadi hal yang sangat penting. Berikut ini ada beberapa rekomendasi universitas untuk kuliah S1 Teknik Informatika terbaik yang bisa dipilih:

Universitas Gunadarma

Jurusan Teknik Informatika di Universitas ini mendapatkan akreditasi A, tujuannya sendiri yakni menjadi program studi Teknik Informatika yang terkemuka dengan reputasi internasional, memiliki jejaring global serta memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan daya saing bangsa dalam hal Informatika.

Alumni dari jurusan Teknik Informatika dari universitas ini diharapkan mampu memadukan antara ilmu dan terapan Informatika untuk memajukan bangsa, terutama dalam bidang multimedia, rekayasa perangkat lunak, dan jaringan komputer. Informasi lebih lengkapnya bisa mengunjungi situs resmi Universitas Gunadarma.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Mungkin tidak ada masyarakat Indonesia terutama pelajarnya yang tidak mengenal universitas yang berlokasi di Bandung ini, salah satu universitas terbaik dan populer di kalangan pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. ITB menjadi salah satu universitas spesialisasi teknik terbaik yang ada di Indonesia bahkan dunia, PTN yang satu ini memang fokus dalam ilmu teknik salah satunya Teknik Informatika yang mendapatkan nilai akreditasi A.

Jurusan Teknik Informatika di ITB ini masuk bagian Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI-ITB) yang diresmikan tanggal 01 Januari 2006, memiliki 144 SKS yang bisa dipilih oleh mahasiswanya. Selain menyediakan kelas konvensional, ITB juga menyediakan sistem kuliah online dalam berbagai jurusan yang bisa diakses langsung informasinya di website resmi ITB.

Universitas Mercu Buana Jakarta

Program studi Teknik Informatika di Universitas Mercu Buana Jakarta mendapatkan akreditasi A, tujuannya sendiri untuk menghasilkan lulusan di bidang teknik informatika yang mampu memenuhi kebutuhan profesional dan wirausahawan di bidang ini, memiliki keahlian dalam bidang basis data korporasi, serta memiliki kemampuan dalam bidang pemrograman simulasi.

Fasilitas laboratorium di universitas di terbilang cukup lengkap, mulai dari laboratorium komputer keamanan jaringan, laboratorium komputer perangkat lunak, laboratorium komputer multimedia, laboratorium komputer basis data, dan laboratorium komputer sistem operasi. Selain dari fasilitas, tenaga profesional yang mengajar di bidang ini juga merupakan tenaga terbaik yang disediakan oleh pihak universitas.

Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI)

Meski memiliki akreditasi B, kuliah S1 Teknik Informatika di Universitas Al-Azhar Indonesia ini memang cukup banyak diminati. Kurikulum untuk program studinya sendiri bahkan dirancang bersama oleh UAI dan ITB, selain itu dosen pengajar di jurusan ini semuanya berkualifikasi Master dan Doktor yang merupakan lulusan dari dalam serta luar negeri.

Fasilitas pembelajaran yang tersedia juga sangat memadai, termasuk di dalamnya terdapat laboratorium untuk digunakan oleh mahasiswa. Selain dibekali hard skill, mahasiswa jurusan ini jurusan ini juga dibekali keahlian soft skill serta 7 elemen dasar.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Universitas yang hanya membuka program studi saintek ini menyediakan jurusan Teknik Informasi yang bisa diambil oleh mahasiswa, jurusannya sendiri berada pada Fakultas Teknologi Informasi. Seperti yang telah disebutkan bahwa jurusan Teknik Informatika di ITS merupakan salah satu jurusan terbaik dengan nilai akreditasi A, lokasi universitasnya sendiri berada di wilayah Surabaya.

Di jurusan ini mahasiswa akan dikenalkan tentang ilmu komputer dan alat komunikasi yang digunakan untuk menyimpan, mengambil, dan mengubah data. Selain menyediakan kuliah secara konvensional, ITS juga menawarkan sistem kuliah online yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang sudah bekerja namun ingin tetap mendapatkan pendidikan lebih tinggi lagi.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Jurusan Teknik Informatika di Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana Teknik Informatika yang mampu merencanakan, merancang, dan mengimplementasikan sebuah sistem terpadu guna menyelesaikan masalah teknologi informasi di berbagai bidang, seperti perbankan, pendidikan, manufaktur, telekomunikasi, dan industri lainnya.

Kurikulumnya sendiri berbasis kompetensi yang mengikuti perkembangan serta melakukan kerjasama dengan vendor terkemuka diantaranya NIIT, Oracle, Seagate, dan Microsoft. Teknik Informatika di universitas ini mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Informasi lebih lengkap mengenai jurusan Teknik Informatika di UAJY, bisa langsung mengakses website resminya.

Selain berbagai universitas di atas, masih ada banyak Universitas terbaik lainnya yang bisa dijadikan tempat kuliah S1 Teknik Informatika seperti Universitas Pancasila (A), Universitas Gadjah Mada (akreditasi A), Universitas Pancasila (akreditasi A) ,Universitas Trisakti (akreditasi B), UIN Sunan Gunung Djati Bandung (akreditasi B), dan masih banyak lagi universitas lainnya.