Kita sering mendengar bahwa bisnis harus dimulai dengan sesuatu yang kita cintai. Ya, itu benar. Tanpa passion, bisnis akan terasa hambar. Kemudian, bagaimana jika Anda mencintai bunga, hingga katakanlah, Anda sangat terobsesi dengannya. Anda tahu jan kalau bunga Azalea akan mekar di bulan Juni. Jadi, kenapa tidak membuka jasa florist saja? Beberapa cara untuk memulainya hampir sama seperti memulai bisnis pada umumnya.

Lalu, jika kamu tinggal di Yogyakarta, berbisnis bunga sangat potensial untuk berkembang. Karena di kota ini sudah banyak flortist Jogja yang menyediakan berbagai macam bunga. Artinya, jika kamu membuka bisnis Jual Bunga Jogja, kamu cukup banyak referensi. Terlebih jika kamu menyediakan jasa kirim bunga Jogja, pasti warga Yogyakarta akan sangat terbantu oleh kehadiranmu.

Untuk memulai berbisnis bunga, apa saja sih yang perlu diperhatikan?

  1. Tentukan jenis bisnis yang akan dimulai

Kebanyakan toko-toko bunga yang Anda jumpai di tepi jalan biasanya berbentuk ritel. Namun di luar itu ada bentuk lain yang bisa Anda adaptasi, misalnya grosir, atau menjual khusus untuk dekorasi pernikahan, cari tahu dulu pilihan apa saja yang tersedia, dan mana yang paling nyaman bagi Anda.

  • Buat business plan yang benar

Apa yang membedakan bisnis Anda dengan jualan bunga tradisional adalah adanya business plan yang baik. Yaitu semua perencanaan menyangkut modal hingga proyeksi keuntungan dalam 5 tahun. Business plan akan sangat membantumu saat mengajukan pinjaman modal ke bank-bank di Indonesia. Hal ini nanti yang akan mempermudah Anda di Yogyakarta, mengingat jual bunga Jogja keberadaannya bisa dikatakan suatu bisnis yang terpercaya, jadi bank yang berada di Jogja tidak canggung lagi memberikan pinjaman modal.

  • Memilih lokasi yang nyaman dan strategis

Tentukan apakah nanti bisnis Anda akan dimulai dengan sebuah sebuah toko yang permanen, atau lewat website atau jual online. Lokasi memang faktor penting dalam keberhasilan sebuah bisnis, karena jika Anda ingin juga memberika jasa kirim bunga Jogja maka ini akan menjadi pertimbangan penting. Akan tetapi budget juga tidak kalah penting. Sebab, di luar lokasi, Anda membutuhkan modal yang cukup untuk stok, infrastruktur storage, dan lain sebagainya.

  • Mengatur display toko

Berikan tampilan yang bersih dan secara visual baik pada toko maupun website yang Anda miliki law of attraction. Semakin menarik kemasan Anda maka semakin mudah untuk menarik pembeli.