Sedot Septic Tank WC
Pompa sedot wc septik tank biasanya vakum atau sentrifugal. Pompa vakum, sistem yang paling umum digunakan oleh hauler septage, memiliki keunggulan : cairan tidak mengalir melalui pompa, yang mengurangi keausan; pompa cenderung tidak beku; dan isi tangki dapat dibuang di bawah tekanan.

Pompa vakum harus dilengkapi dengan perangkap air untuk mencegah dispersi aerosol. Karena liq-uid bergerak melalui pompa, pompa sentrifugal lebih cenderung tersumbat dan lebih mudah aus dari pasir dan serpihan. Pompa sentrifugal biasanya impeler terbuka atau impeler tersembunyi untuk menangani padatan. Kedua jenis pompa sentrifugal ini memiliki daya isap maksimum 8 kaki (8 m).

Beberapa tangki yang dipasang truk dilengkapi dengan kontrol penutup otomatis tingkat tinggi untuk mencegah pengisian berlebih. Kapasitas pompa biasanya setidaknya 400 gal / menit (1.500 Umin). Selang harus dari karet hitam vakum tinggi atau bahan sintetis, dengan diameter minimum 3 inci (8 cm). Selang juga harus mampu dikeringkan dan ditutup untuk meminimalkan tumpahan. Hauler biasanya membawa selang minimal 100 kaki (30 m).

Katup pelepasan pada truk pengangkut harus rapat dengan tetesan, dan puting pelepasan harus mengakomodasi kopling cepat-putus. Peralatan lain termasuk perangkat untuk memecah lapisan buih (mis., Garpu yang sudah ditangani lama), sekop, probe tanah untuk menemukan septic tank, dan alat lainnya untuk mengukur akumulasi atau melakukan tugas-tugas lain di lapangan. Sebuah alat pembersih squeegee dan tongkat isap harus dibawa ‘”The Pumper,” sebuah publikasi bulanan yang ditujukan untuk industri pengangkut limbah cair, menghasilkan direktori tahunan pemasok peralatan yang gratis dengan berlangganan “The Pumper.” untuk membantu membersihkan tumpahan. Jeruk nipis juga harus tersedia untuk diterapkan pada area di mana septage telah tumpah.

Sistem dewatering septage seluler, yang awalnya dikembangkan di Eropa, sekarang tersedia di Amerika Serikat. Dengan sistem ini, septage ditarik dari septic tank ke dalam satu kompartemen di atas truk; filtrat dikembalikan ke septic tank. Polimer atau jeruk nipis ditambahkan ke septage selama transfer ke tangki dewatering, di mana padatan terkonsentrasi. Kandungan padatan lumpur 15 hingga 20 persen dilaporkan dapat dicapai untuk sistem polimer dan kapur, masing-masing menawarkan sistem dewatering seluler: Biaya transportasi yang lebih rendah karena lebih sedikit perjalanan ke lokasi pembuangan, kapasitas truk yang lebih besar, volume material yang lebih rendah yang memerlukan perawatan dan pembuangan lebih lanjut. Keunggulan ini paling cocok untuk daerah dengan banyak tangki septik dan jarak perjalanan yang jauh ke lokasi pembuangan. Kerugian mencakup persyaratan operasional yang lebih kompleks dan biaya investasi peralatan yang tinggi.

Setelah tangki septik ditemukan dan akses menetas terbuka, lubang masuk dan keluar baffle atau tee diperiksa untuk masalah seperti kerusakan, sambungan longgar, dan penyumbatan. Pipa atau baffle yang rusak harus diganti atau diperbaiki. Jika level cairan dalam tangki lebih tinggi dari pipa outlet, ini dapat mengindikasikan penyumbatan pada pipa outlet atau di lapangan pembuangan. Selanjutnya, tikar sampah secara manual dipecah untuk memudahkan pemompaan. Sebelum ini dilakukan, tingkat cairan dalam septik tank pertama-tama diturunkan di bawah saluran keluar, yang mencegah gemuk dan buih agar tidak hanyut ke dalam saluran pembuangan. Setelah tikar sampah rusak, isi tangki dihilangkan. Biasanya, selang vakum / hisap menghisap udara pada titik di mana 2,5 hingga 5 cm lumpur tetap berada di atas dasar tangki; bahan ini harus ditinggalkan di tangki. Mencuci bagian dalam tangki tidak perlu kecuali jika diduga ada kebocoran dan bagian dalam harus diperiksa apakah ada keretakan, Jika diperlukan inspeksi internal, udara segar harus terus-menerus ditiup ke dalam tangki setidaknya selama 10 menit.

Rejo Mulyo
Jasa Sedot WC Surabaya