Untuk mempersiapkan tubuh anda dan membantu proses persalinan senam ibu hamil sangatlah berperan. Senam hamil juga membantu meningkatkan energy, mengatasi berbagai keluhan saat hamil, juga bisa membantu tidur lebih baik. Kehamilan memang bisa membuat tubuh cepat lelah dan membuat anda ingin terus berbaring santai di sofa. Namun tidak bergerak dengan aktif di masa hamil justru dapat membuat tubuh menjadi tidak bugar dan mempersulit proses persalinan. Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh menjelang persalinan.

Senam Hamil bisa meningkatkan stamina

Salah satu olahraga yang relatif aman dilakukan dap dapat dilakukan oleh sebagian besar ibu hamil adalah senam hamil. Senam hamil bertujuan untuk menjaga kebugaran ibu hamil, serta mempersiapkan fisik untuk persalinan. Dokter akan menyarankan senam hamil selama anda merasa Nyaman untuk melakukannya dan tidak bertentangan dengan kondisi dan kehamilan Anda. Jika sebelumnya anda telah terbiasa melakukan senam diluar senam kehamilan yaitu senam aerobic, dan lebih memilih untuk melakukan senam ini dibandingkan dengan senam hamil biasa maka anda perlu melakukan modifikasi untuk menghindari lompatan, tendangan, serta gerakan lain yang beresiko membahayakan kehamilan anda. Senam aerobik low impact yang tidak melibatkan gerakan menendang dan melompat dapat dilakukan untuk meningkatkan stamina wanita saat hamil, selama sesuai dengan anjuran dokter.

Dibawah ini beberapa manfaat senam hamil

  1. Meredakan nyeri, sakit dan ketidaknyamanan yang dirasakan pada masa kehamilan
  2. Mengencangkan otot
  3. Memperkuat jantung dan juga paru-paru
  4. Membuat tidur lebih nyenyak
  5. Membantu menghindari pertambahan berat badan secara berlebihan
  6. Meringankan nyeri akibat pertambahan beban pada tulang belakang
  7. Memperkuat sendi
  8. Mempersiapkan diri untuk persalinan

Secara psikologis, senam hamil membuat anda berpikir lebih positif karena merasa lebih siap menghadapi persalinan. Selain itu setelah bayi lahir, senam hamil juga membantu Anda segera dapat kembali ke bentuk badan dan stamina seperti semula,

Bergabung dengan kelas senam hamil

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda juga bisa bergabung dengan kelas senam hamil yang biasanya dibuka di rumah sakit ibu dan anak. Umumnya infrastruktur senam hamil adalah bidan yang berpengalaman menangani proses persalinan.

Saat senam hamil, gerakan dan latihan pernapasan akan diutamakan untuk mempersiapkan tubuh anda menjalani persalinan. Latihan ini akan meningkatkan oksigen dan aliran darah ke otot otot tubuh anda. Dengan bergabung dalam kelas senam hamil, gerakan gerakan pun akan lebih aman karena sudah diarahkan oleh instruktur yang berpengalaman. Selain lebih terpercaya, melakukan senam hamil bersama ibu hamil lain dapat membuat anda merasa lebih nyaman karena merasa tidak sendiri serta dapat bertukar pikiran seputar pengalaman masa kehamilan. Selain senam hamil yang biasa ditawarkan di rumah-rumah sakit ibu dan anak, gerak tubuh sebelum persalinan dapat dilakukan juga dengan yoga dan juga berenang khusus untuk ibu hamil.

Senam Ibu Hamil Dirumah

Senam hamil juga bisa dilakukan dirumah setiap hari selama 20 -30 menit. Selama dokter tidak menyarankan sebaliknya, karena anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau terdapat komplikasi anda dapat melakukan senam ibu hamil dirumah dengan panduan secara online di youtube atau buku yang terpercaya. Gerakan sederhana yang bisa anda lakukan dirumah adalah, push-up dinding, berjongkok, latihan angkat kaki, menaiki bangku pendek. Tapi harus pemanasan dulu ya.