Perkenalan Rumah Budaya Indonesia

sat-jakarta.com – Sebagai negara kepulauan terluas di dunia, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang terhampar dari Sabang hingga Merauke. Kekayaan budaya Indonesia telah diakui dunia internasional baik secara formal oleh UNESCO maupun oleh para wisatawan yang berkunjung ke tanah air. Warisan budaya ini juga perlu diperkenalkan kepada dunia internasional. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menggagas sebuah konsep diplomasi budaya yang diberi nama “Rumah Budaya Indonesia. Ini adalah ‘ruang publik’ untuk memperkenalkan kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Kegiatan promosi budaya melalui “Rumah Budaya Indonesia” telah digelar beberapa waktu lalu di sembilan negara secara bertahap yaitu di Amerika Serikat, Australia, Belanda, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Perancis, Singapura, dan Timor Leste. Di tempat-tempat tersebut, “Rumah Budaya Indonesia” antara lain menampilkan tari Reog Ponogoro, tari Malin Kundang, pertunjukan gamelan Jawa, Bali, dan Sunda, serta berbagai kain batik. Di setiap kota yang disinggahi, masyarakat lokal terlihat antusias mengikuti kegiatan “Rumah Budaya Indonesia” ini.

Seperti yang terlihat di Washington DC, para pengunjung yang hadir begitu tertarik mengikuti rangkaian acara yang digelar. Tidak sedikit masyarakat lokal yang menari atau bernyanyi bersama mengikuti lagu atau gerak tari yang dibawakan. Beberapa pengunjung bahkan terlihat cukup mahir memainkan gamelan. “Kegiatan ini merupakan upaya kami untuk melestarikan kekayaan budaya Indonesia sekaligus upaya untuk memperkenalkan warisan budaya Indonesia yang sangat kaya kepada masyarakat internasional.

Kami berharap kegiatan ini bisa menginspirasi masyarakat internasional dan mengundang mereka untuk mengeksplorasi lebih jauh budaya Indonesia,” ujar Diah Harianti, Direktur Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Ia juga mengingatkan masyarakat di tanah air untuk ikut berperan aktif menjaga, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Indonesia yang sangat kaya dan beragam. “Di tengah kepungan nilai-nilai modern seperti saat ini, generasi muda kita harus mampu menghadapi tantangan tersebut dan konsisten menjaga dan melestarikan budaya Indonesia. Agar semua warisan nenek moyang yang ditinggal tetap lestari dan masih bisa untuk dinikmati oleh generasi penerus di masa mendatang.