Mengatasi Mesin Genset Tidak Keluar Setrum dengan Mudah

Listrik adalah komponen pokok dalam kehidupan ini. Bahkan, saat listrik matipun kini sudah ada genset sebagai alat pemasok listrik yang praktis dan mudah digunakan. Jika awalnya genset hanya diminati oleh kalangan event organizer, kini sudah merambah ke masyarakat umum untuk berjaga-jaga saat listrik mati. Namun, banyak orang yang masih belum begitu memahami cara kerja genset sehingga kerap terjadi masalah. Banyak juga yang bingung mengatasi mesin genset tidak keluar setrum.

Hal-Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Genset Tidak Keluar Setrum

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk mengatasi genset yang kebetulan tidak keluar setrum.

  • Pastikan Apakah Broker Genset sudah Dinaikkan

Hal pertama yang harus dilakukan saat mesin genset tidak mau keluar tegangan adalah melihat broker genset. Karena broker genset yang belum dinaikkan menyebabkan setrum genset tidak keluar. Apabila bagian broker genset telah benar-benar naik namun tegangan tetap saja tidak keluar, maka bisa jadi masalah tersebut disebabkan karena bagian power genset dalam kondisi short. Gunakan genset dari toko genset yanmar diesel di Makassar agar mendapatkan yang aman.

  • Atasi Permasalahan pada AVR

Selain disebabkan karena broker genset yang belum dinaikkan, ada kalanya masalah pada genset yang tidak keluar setrum disebabkan karena masalah pada AVRnya. Maka dari itu, lakukan pengecekan pada bagian tersebut. Jika AVR sudah diperiksa dan tetap tidak keluar tegangan, maka solusinya adalah dengan melakukan penggantian Diode. Karena kemungkinan masalah utama pada genset ada pada rotating diode di bagian exciter.

  • Lakukan Pengecekan Kabel

Penyebab masalah pada setrum yang enggan menyala pada genset berikutnya disebabkan karena kabel yang mengalami masalah. Mulai dari kabel yang putus, rusak, terbakar, hangus dan lain-lain. Dan setelah semua komponen dicek tetap terdapat masalah, maka solusi yang paling tepat adalah mengganti separepart baru sebagai cara mengatasi mesin genset tidak keluar setrum.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mesin genset yang kebetulan tidak mengeluarkan tegangan. Namun, pastikan mengetahui permasalahannya terlebih dahulu agar bisa menemukan solusi yang tepat.