Pada saat ini pengunaan pasta gigi pemutihseperti nya sudah merupakan bagian dari setiap syarat tetap dalam bagian proses menyikat gigi. Diperluakn kiat kiat pemilihan pasta gigi yang tepat guna mengoptimalkan dampak yang signifikan terhadap kebersihan gigi. Selain ituy, pemilihan pasta gigi yang baik dan sehat juga berpotensi menakan timbulnya rasa ngilu pada gigi. Maka dari itu ada beberapa tips di bawah ini yang bisa menjadi rekomendasi untuk memilih pasta gigi yang baik dan juga sehat.

Pilihlah pasta gigi yang mengandung Flouride

Kadar fluoride berfungsi untuk menjaga gigi agar tidak berlubang. Namun anak-anak dibawah 3 tahun sebaiknya tidak memakai odol atau pasta gigi yang terlalu banyak mengandung fluoride juga dapat menimbulkan bahaya jika tertelan.

Pilihlah pasta gigi yang tidak terlalu banyak mengandung detergent yang tinggi

Busa yang terlalu banya mengindikasikan bahwa kandungan deterjen yang dimiliki juga banyak. Stigma bahwa semakin banyak busa semakin baik tidak benar adanya.

Hindari langsung makan setelah menyikat gigi

Karena kadar asa mulut akan turun dan fluoride pun hilang, sejingga kuman akan masuk lagi. Aktifitas makan sebaiknya 1 hingga 2 jam setelah menyikat gigi

Dari banyaknya hasil penelitian di negara berkembang. Flouride merupakan bahan yang terbukti dapat menurunkan prevalensi karies, penambahan zat adiktif sebagai desinfektan juga dapat membunuh kuman-kuman yang ada di plak gigi hingga beberapa jam setelah melakukan sikat gigi.

Namun bukan berarti fluoride sama sekali tidak berbahaya bagi tubuh manusia. Hingga saat ini fluoride masih dipakai para ahli senjata sebagai bahan campuran pembuatan bom atom, jika tertelan dalam dosis tertentu fluoride tentu bisa menimbulkan masalah gangguan kesehatan pada manusia. Bahan lain yang ditambahkan pada pasta gigi dewasa ini adalah pyrophopates yang membantu untuk mencegah timbulnya karang gigi

Ada pula pasta gigi yang ditunjukan untuk menguragi gigi sensitive. Penting untuk diiingat, memakai pasta gigi seperti ini tidak akan efektif apabila rasangiluy yang timbul pada gigig disebabkan oleh adanya lubang yang sudah mencapai syaraf gigi jika demikian, diprlukan perawatan saraf gigi oleh dokter gigi.

Pemakaian pasta gigi yang mengandung bahan pemutih gigi juga tidak dapat membuat gigi menjadi instan lalu putih cemerlang terutama yang memang memiliki gigi kecoklatan akobat konsumsi antibiotic, menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung zat pemutih sama sekali tidak akan menyebabkan gigi berwarna putih.

Maka dari itu kepada para konsumen jangan terlalu berharap banyak pada pasta gigi pemutih yang dijual bebas dipasaran karena pemutihan gigi yang cemerlang hanya bisa dilakukan oleh ahli medis.

Selebihnya, pemilihan pasta gigi atau odol yang baik harus disesuaikan dengan kebutuhan masing masing orang. Selain pasta gigi ber fluoride ada juga pasta gigi tartar yang bertujuan unutuk membersihkan plak pada permukaan gigi. Fungsi odol tartar ini datang dari senyawa aktif pirofosat, seng sitrat dan triclosan.

Satu lagi untuk memuihkan gigi, carilah odol yang mempunyai kandung partikel abrasive atau senyawa kimia yang efektif untuk mengikis noda dan plak yang membuat warna gigi berubah. Pasta gigi pemutih yang baik justru sama sekali tidak memiliki detergen pemutih.

Pastikan juga odol pilihan anda sudah lolos uji persetujuan dari American dental association atau lembaga keseharan di tiap negaranya, misalnya BPOM RI.