Semua jenis usaha memerlukan strategi pemasaran dan promosi yang baik. Keduanya merupakan salah satu pondasi terkuat dalam membangun bisnis. Namun pemasaran dan strategi yang baik tidak bisa didapatkan secara instan. Anda mesti tahu bagaimana teknik pemasaran yang jitu agar biaya promosi hingga tenaga yang anda keluarkan tidak terbuang sia-sia. Langkah membuat strategi pemasaran ini bisa anda lakukan secara offline maupun online. Strategi ini cocok untuk usaha sewa motor jogja.

Namun yang paling efektif jika anda melakukannya secara online. Marketing online ini memerlukan strategi khusus untuk menarik minat calon pembeli. Banyak pengusaha yang terjebak dalam grafis iklan yang menarik tanpa memikirkan bagaimana target market mereka, solusi dan tujuan apa yang ada pada iklan anda, hingga keuntungan yang dimiliki produk atau jasa pun tidak dijelaskan secara detail. Agar pemasaran dan promosi anda sukses, berikut beberapa strateginya yang bisa anda coba.

Berbagai Langkah Membuat Strategi Pemasaran dan Promosi

1. Fokus pada solusi

Semua pelanggan mencari layanan jasa atau produk yang menjadi solusi masalahnya. Oleh sebab itu dalam teknik pemasaran dan promosi anda mesti menitikberatkan pada solusi yang dimiliki barang atau jasa anda. Tawarkan sesuatu yang membuat pelanggan tertarik untuk melihat. Anda bisa menyematkan kata “Pemecah Masalah”, “Solusi Tepat”, atau berbagai kata menarik lainnya terkait pemecahan solusi.

2. Target pasar yang jelas

Pemasaran tanpa target sama saja dengan pemborosan. Pemasaran yang sesuai target tergolong dalam hal yang efektif, efisien dan menarik. Pastikan anda tahu terlebih dulu apa golongan target pasar anda. Apakah kalangan ibu-ibu, remaja, eksekutif muda, atau anak-anak. hal ini akan membuat teknik pemasaran yang dilakukan lebih tepat sasaran dan tidak membuang-buang biaya serta waktu.

3. Pesan yang jelas

Jangan biarkan pengunjung hanya melihat gambar tanpa tahu maksud iklan anda. memang grafis iklan yang baik sangat membantu namun tanpa pesan yang jelas maka semuanya hanya sia-sia. Perhatikan poin mana yang akan anda sorot dan pastikan tidak ada kerancuan kata-kata dalam iklan anda sehingga tidak menimbulkan multitafsir para calon konsumen.

4. Tunjukan secara langsung keuntungan bagi calon pelanggan

Calon pelanggan hanya tertarik membeli barang atau jasa jika benar-benar menguntungkannya. Anda mesti menjelaskan secara menarik apa saja keuntungan untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Terangkan sedetail mungkin sehingga tidak menimbulkan kerancuan dan keraguan. Hal ini juga tidak membuat promosi anda sia-sia dan tanpa ujung.

5. Strategi marketing melalui pesan ekstrim

Calon konsumen juga memiliki perilaku unik. Mereka lebih tertarik pada judul pesan yang mengandung kesalahan karena sifatnya ekstrim sehingga layak untuk dibaca lebih lanjut. Anda bisa mencoba teknik marketing unik ini dengan menyematkan kalimat seperti “Bagaimana Cara Menumbuhkan Laba 0,007%” atau berbagai pesan lain yang mampu memacu rasa penasaran calon pembeli. Gunakan puisi romantis untuk merayu konsumen anda.

Itu dia beberapa langkah membuat strategi pemasaran dan promosi agar sukses. Semoga membantu dan selamat mencoba.