Kelancaran
IELTS Speaking – Kefasihan mengacu pada kemampuan Anda untuk berbicara dengan lancar dan pada kecepatan yang sesuai, tanpa jeda yang tidak wajar. Ini adalah area yang sering disalahpahami oleh siswa untuk berarti bahwa Anda hanya berbicara secepat mungkin atau berbicara tanpa berhenti. Jika Anda mendengarkan bagaimana penutur asli berbicara, mereka biasanya tidak berbicara sangat cepat dan ada banyak jeda. Ini benar-benar dapat diterima, Anda tidak ingin berhenti lebih dari biasanya.

Koherensi
Koherensi secara harfiah berarti bersikap logis dan konsisten. Untuk kriteria berbicara IELTS, ini merujuk pada bagaimana Anda memperluas dan menjelaskan jawaban Anda dengan penjelasan dan contoh, menjawab pertanyaan yang diajukan dan bagaimana Anda menghubungkan kalimat bersama-sama menggunakan penanda dan bentuk wacana.

Secara sederhana itu berarti bahwa ketika pemeriksa mengajukan pertanyaan kepada Anda, mereka dengan jelas memahami jawaban Anda dan Anda telah menjawab pertanyaan itu sepenuhnya.

Penanda wacana – atau menghubungkan kata-kata atau perangkat kohesif seperti beberapa orang menyebutnya – adalah kata-kata yang memberi sinyal kepada pendengar apa yang Anda bicarakan. Misalnya Anda mungkin ingin menambahkan titik tambahan, jadi Anda dapat menggunakan penanda wacana seperti ‘Serta itu’ atau ‘Di atas itu’. Jika Anda ingin memberikan contoh, Anda dapat mengatakan ‘Misalnya’ atau ‘Misalnya’.

Sumber Daya Leksikal
Sumber daya leksikal pada dasarnya berarti kosakata. Untuk melakukannya dengan baik di bidang ini, Anda perlu memiliki kosakata yang luas dan menggunakannya secara akurat.

Tapi apa artinya itu? Katakanlah Anda diminta untuk berbicara tentang ponsel Anda. Beberapa kata yang mungkin kita gunakan bisa ‘maju’, ‘canggih’, ‘ketinggalan zaman’, ‘modern’, ‘berguna’, ‘fitur’, ‘aplikasi’, ‘layar’, ‘resolusi’, ‘sistem operasi ‘,’ antarmuka pengguna ‘dan sebagainya. Sebagian besar dari kata-kata ini sangat spesifik untuk topik ponsel atau teknologi dan memungkinkan kandidat untuk memberikan jawaban yang sangat jelas kepada penguji. Tanpa kata-kata ini siswa akan benar-benar berjuang untuk memberikan jawaban komprehensif tentang ponsel.

Siswa Band 8 dan 9 memiliki kosa kata yang sangat luas sehingga mereka dapat berbicara tentang topik apa pun karena mereka memiliki kosa kata yang diperlukan untuk berbicara tentang masing-masing.

Jadi bisakah Anda mempelajari daftar kosakata dan mendapatkan 9? Tidak, ini sedikit lebih rumit dari itu. Banyak siswa mempelajari daftar kosa kata yang sangat panjang dan mencoba menggunakannya dalam ujian. Masalah dengan pendekatan ini adalah bahwa siswa sering menggunakan kata-kata ini secara tidak tepat. Misalnya, mereka mungkin tahu kata ‘canggih’ tetapi gunakan ini untuk menggambarkan seseorang atau tempat yang seharusnya hanya digunakan untuk menggambarkan teknologi. Jika Anda menggunakan kata-kata secara tidak tepat, itu lebih buruk daripada tidak menggunakannya sama sekali.

Pengucapan
Anda tidak perlu khawatir memiliki aksen Amerika atau Inggris, pertimbangan utama di sini adalah bahwa ucapan Anda jelas dan Anda mudah dimengerti.

Ada banyak aspek pengucapan yang harus Anda coba gunakan untuk mendapatkan nilai tinggi.

Yang paling penting adalah pada level kata – apakah mudah bagi penguji untuk memahami setiap kata yang Anda ucapkan? Jika Anda tidak terbiasa dengan fonem dan bagan fonemik, Anda harus memeriksanya. Setiap bahasa menggunakan gerakan lidah, rahang dan bibir yang berbeda dan beberapa yang kami gunakan dalam bahasa Inggris bisa sangat aneh untuk bahasa lain. Jika ada suara tertentu yang Anda rasakan untuk dibuat dalam bahasa Inggris, kadang-kadang akan sulit bagi penguji untuk memahami apa yang Anda katakan.

Setiap kata dalam bahasa Inggris juga memiliki pola stres tertentu dan ini dapat berdampak pada kejelasan Anda.

Pada level kalimat Anda juga perlu mempertimbangkan:

Stres kalimat (kata-kata tertentu ditekankan dalam kalimat)
Suara lemah (kata-kata tertentu terdengar lebih lemah dari biasanya dalam kalimat)
Intonasi (naik turunnya nada atau nada)
Menghubungkan kata-kata (bagaimana kata-kata tertentu terhubung satu sama lain)