Jas Hujan yang Aman, Seperti Apa?

Jas hujan memiliki banyak varian dan kombinasi, lalu bagaimanakah tentang keamanannya? Yuk.. Kenali Jas Hujan yang Aman Digunakan

Memilih jas hujan memang tidak gampang. Bagi sebagian orang khususnya pengendara motor atau sepeda dalam membeli jas hujan memperhatikan fungsi utama dari jas hujan, yaitu untuk melindungi tubuh dari basahnya air hujan. Apalagi jika musim penghujan datang beberapa wilayah di Indonesia memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Dalam kondisi seperti itu, tidak ada pilihan selain berteduh dan menggunakan jas hujan. Sebab, jika salah memlih jas hujan dapat berakibat fatal. Berikut ada beberapa panduan untuk Anda agar tidak salah dalam memilih jas hujan.
Sebaiknya membeli mantel hujan yang bukan model ponco atau yang tanpa sambungan. Mantel hujan model ponco seperti ini kerap merepotkan dan membahayakan untuk penggunanya. Mantel model ponco sering kali tersangkut di gir belakang motor. Jadi baiknya membeli model mantel disarankan untuk membeli model setelan baju dan celana.

Setelah Anda memilih mantel model setelan yang terdiri dari baju dan celana, maka pilihlahmantel dengan warna yang cerah. Sebab, ketika hujan deras jarak pandang pengendara menjadi berkurang, terlebih lagi jika hujan terjadi pada malam hari. Pengguna mantel berwarna cerah dapat membantu pengendara dibelakangnya. Sekarang sudah banyak mantel hujan yang memiliki kandungan scot light atau fosfor. Kandungan itu bisa memancarkan cahaya apabila tersorot oleh lampu motor dibelakangnya.

Model sesuai, pilihan warna juga sudah sesuai, Anda harus perhatikan juga kualitas bahannya. Jika Anda belum mengerti bahan mantel apa yang bagus, Anda dapat browsing atau bertanya kepada penjual mantel hujan. Biasanya para pedagang menjelaskan bahan-bahan mantel hujan yang bagus untuk digunakan, seperti polyvinile chloride atau PVC. Bahan PVC dinilai memiliki kualitas yang bagus karena tidak tembus air meski dihadapkan dengan hujan deras. Jika biasanya bahan parasut a memiliki pori-pori besar berbeda bahan PVS, karen Bahan PVC memiliki pori-pori yang lebih ketat dan halus dibandingkan dengan bahan mantel lainnya.
Pastikan juga untuk memperhatikan resleting. Resleting menjadi suatu masalah yang sering dihadapi oleh para pengendara motor. Permasalahan para pengguna motor tak hanya terjadi karena jahitan di beberapa bagian yang sering sobek, namun kerusakan pada resleting juga sering terjadi. Jadi sebelum membeli jas hujann pastikan cari mantel dengan resleting yang kuat. Beberapa orang selalu tergesa-gesa saat menggunakan resleting apalagi barang bawaannya sudah penuh dan terlalu dipaksakan maka akan mengakibatkan kerusakan.

Terakhir jika membeli mantel hujan, pilihlah ukuran yang lebih besar dari badan Anda. Jika anda membeli mantel hujan yang pas dengan tubuh Anda dan Anda membawa banyak barang tentu ini menjadi resiko. Barang-barang bawaan anda dapat terkena hujan dan basah. Jadi tujuan memilih mantel dengan ukuran besar adalah menjaga ketahanan mantel hujan ketika membawa barang yang banyak ketika memakai mantel hujan.