ciri-ciri musik daerah
Sumber: dosenpendidikan.com

Sebelumnya sudahkah kalian memahami apa pengertian musik Daerah? Agar kalian lebih ringan paham Musik Daerah, musik daerah juga mempunyai ciri-cirinya yang membedakan dengan musik lainnya, adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

Dipelajari Secara Lisan

Musik Daerah terhitung merupakan anggota berasal dari kebudayaan yang wajib di lestarikan. Musik ini sudah diwariskan secara turun temurun dan umumnya dilaksanakan secara lisan berasal dari satu generasi ke generasi yang lainnya.

Tidak Mempunyai Notasi

Proses pembelajaran dan langkah penyampaiannya yang secara lisan menjadikan Partitur atau naskah Musik jadi suatu perihal yang tidak benar-benar penting. Hal berikut membuat musik daerah yang tidak miliki Notasi ini jadi perihal yang wajar. Tetapi bukan berarti seluruh musik daerah tidak membawa Notasi, sudah banyak daerah yang memanfaatkan Notasi tetapi tetap belum memanfaatkan Partitur atau Naskah. Sehingga penyampaiannya memanfaatkan langkah Lisan

Bersifat Informal

Musik Daerah umumnya dipergunakan sebagai suatu bentuk ekspresi masyarakat. Musik ini banyak digunakan dalam aktivitas kemasyarakatan supaya berupa lebih informal/santai dan sederhana. Untuk Musik Daerah yang sifatnya Kompleks dan Formal umumnya diberlakukan di lingkungan Istana dan Kerajaan.

Pemainnya Tidak Terspesialisasi

Dalam pengembangan sistem belajar instrumen musik daerah umumnya memanfaatkan sistem yang berupa Generalisasi. Para emain musik tradisional mempelajari untuk dapat memainkan tiap-tiap instrumen yang tersedia dalam suatu tipe musik daerah.Mereka dapat belajar untuk memainkan instrumen terasa berasal dari yang termudab sampai yang terumit. Sehingga pemain musik daerah yang sebetulnya sudah mahir miliki kekuatan untuk memainkan seluruh instrumen musik tersebut.

Syair Lagu Berbahasa Daerah

Musik Daerah pastinya terhitung memanfaatkan syair bhs daerah. Begitu terhitung dengan irama dan melodinya, ia menunjukan ciri khas daerahnya.

Lebih Melibatkan Alat Musik Daerah

Musik Daerah secara umum dibawakan memanfaatkan alat musik khas berasal dari daerah itu sendiri. Misalnya lagu-lagu daerah Jawa maka umumnya diiringi oleh alat musik khas Jawa, layaknya Gamelan.

Budaya Masyarakat

Musik Daerah merupakan bentuk kebudayaan yang sebetulnya berkembang di dalam kehidupan masyarakat. Hingga tiap-tiap ciri kebudayaan penduduk Sang Penciptanya tentu sudah melekat erat didalamnya.Maka dapat dikatakan bahwa Musik Daerah merupakan tidak benar satu bentuk gambaran kebudayaan suatu daerah tertentu.

Sumber: alatmusik.net