Beasiswa ke Luar Negri untuk mahasiswa S1

Kamu sarjana S1 yang ingin nglanjutin kuliah S2 atau S3 di luar negeri? Sekarang sudah banyak universitas luarnegeri yang membuka kesempatan bagi anak Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di negaranya. Namun, gak jarang kesempatan itu terbuang percuma karena kita nggak tau informasinya. Sayang banget ya?

Nah, supaya kamu ga ketinggalan lagi kita udah ngrangkumin beasiswa tahunan dan tanggal deadlinenya di bawah ini

  • Chevening scholarship, United Kingdom.

Buat kamu para sarjana yang ingin mengambil Master atau Doktor, bisa ikut beasiswa ini. Bidang pendidikan juga beragam kok seperti politik, sains, keuangan, teknologi, energi dan ilmu pemerintahan. Gak berlaku buat kamu yang sudah pernah kuliah di Inggris ya. Informasinya bisa dicek di sini.

Deadline: November

  • Beasiswa SINGA (Singapore International Graduate Awards), Singapura.

Beasiswa ini terbuka buat kamu yang ingin melanjutkan PhD di bidang sains dan teknik. Beasiswa ini dibuka setiap bulan Januari. Institusi yang tergabung dalam program ini adalah Agency for Science, Technology and Research (A*STAR), National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU) atau Singapore University of Technology and Design (SUTD). Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Deadline : Januari

  • Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), terbuka untuk seluruh kampus di dunia

Dimanapun kamu ingin daftar kuliah, kamu bisa dibiayai oleh pemerintah Indonesia lewat program LPDP. Beasiswa LPDP terbuka buat siapa saja yang ingin mengambil spesialis, kuliah S2 atau S3. Keistimewaan beasiswa ini adalah gak punya kuota. Beasiswa ini dibuka 4 kali dalam setahun.

Deadline: Januari,April,Juli,Oktober setiap tahun

  • Beasiswa dari pemerintah Sri Lanka, Sri Lanka.

Pemerintah Sri Lanka memberikan kesempatan bagi anak Indonesia untuk belajar di sana. Kampus dan bidang studinya juga beragam. Kamu bebas memilihnya sendiri. Untuk selengkapnya kamu bisa langsung cek di sini

Deadline : September

  • New Zealand ASEAN Scholar Awards, Selandia Baru.

Kamu bisa daftar beasiswa ini kalau ingin belajar S2 atau S3 sekaligus menikmati negara indah Selandia Baru. Untuk program belajar tahun 2019 memang sudah ditutup, namun kamu masih bisa mendaftar untuk periode selanjutnya. Beasiswa tahunan ini biasanya dibuka pada Januari. Info selengkapnya bisa kamu cek di sini.

Deadline : April

  • Japanese Government (Monbukagakusho) Scholarships, Jepang

Beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Jepang ini diberikan dengan beragam program. Beasiswa ini bisa buat kamu yang ikut program S1, S2, ataupun S3. Kapan lagi bisa kuliah gratis sekaligus menetap di negri bunga sakura Jepang? Informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini.

  • Eiffel scholarships, Perancis.

Kamu ingin belajadi di Perancis? Coba deh beasiswa Eiffel Scholarship. Beasiswa ini dibuka setiap tahun. Terbuka buat kamu yang ingin lanjut S1, S2 atau S3 di bidang teknik, sains, ekonomi, politik dan hukum. Untuk selengkapnya kamu bisa buka di sini.

Deadline: Januari

Nah, sudah tahu kan? Semoga kamu lolos seleksi. Apa kamu punya refrensi beasiswa tahunan lainnya? Tulis di kolom komentar ya.

Baca juga: beasiswa luar negeri untuk mahasiswa S1