Alat Kesehatan Berdasarkan Fungsinya

Alat – alat medis atau alat kesehatan merupakan bagian dari tempat pelayanan yang wajib ada. Bahkan rumah sakit tidak dapat berdiri atau beroperasi tanpa adanya peralatan tersebut. Tahukah anda apa saja peralatan yang dimaksud ? tentu ada sangat banyak sekali dan kita akan kesulitan apabila menyebutkan satu – persatu.

Apabila kita kaji lbih lanjut tentang macam kategori alat – alat kesehatan dan fungsinya. Terdapat beberapa macam jenis alat – alat kesehatan yang bisa kita kelompokkan berdasarkan fungsinya. Penasaran ingin mengetahui lebih lanjut tentang hal ini ? Berikut ini contoh dan ulasannya untuk anda.

1. Alat Ukur

Ada banyak macam alat ukur yang kita pergunakan dalam kehidupan sehari – hari. Mengukur berarti membandingkan objek dengan alat ukur standar yang telah disepakati.

Ada juga alat – alat medis yang memiliki fungsi sebagai alat ukur contohnya tensimeter sebagai alat ukur tekanan darah, termometer sebagai alat ukur suhu tubuh, timbangan badan sebagai alat ukur berat badan dan lain sebaagainya.

2. Alat Sterilisasi

Dari sekian banyak alat – alat medis yang terdapat di rumah sakit, ada juga yang berfungsi sebagai alat sterilisasi. Sterilisasi adalah proses menghilangkan mikrooganisme patogen yang menempel pada satu benda dengan metode tertentu.

Salah satu alat yang digunakan dalam proses ini yaitu Autoclave. Elemen pemanas, penutup, sarangan dan timer merupakana bagian – bagian autoclave yang penting dalam proses sterilisasi

3. Alat Diagnostik

Sebagian alat – alat kesehatan ada yang mempunyai fungsi sebagai alat diagnostic atau alat diagnosa. Yaitu berfungsi untuk menganalisa, meneliti dan menguji sample yang diambil dari pasien yang bertujuan untuk mengetahui lebih detail secara tepat terhadap penyakit yang diderita oleh pasien. Contoh alat ini juga cukup banyak seperti Hematology Analyzer, Chemistry Analyzer, Urine Analyzer dan lain sebagainya.

Mungkin pada kesempatan kali ini kita hanya membahas tiga macam kategori alat kesehatan berdasarkan fungsinya. Masih ada cukup banyak pengelompokkan alat yang bisa kita dasarkan pada fungsinya seperti alat emergency, alat perawatan, alat laboratorium dan lain sebagainya. Sekian, semoga bermanfaat !