Tubuh yang sehat tidak hanya bisa kita dapatkan dari olahraga, namun kita juga harus menjaga kualitas makanan. Sebaiknya batasi konsumsi makanan kaleng atau makanan di restoran cepat saji. Berikut adalah 15 makanan yang wajib dikonsumsi untuk menjaga tubuh tetap sehat. Beberapa makanan trulum ini ada yang bisa dikonsumsi langsung atau diolah terlebih dahulu. Jika Anda ingin mengolahnya, pastikan cara memasaknya benar dan dengan bahan-bahan yang alami ya.

Tauge Alfalfa : Tauge jenis ini memiliki kurang dari 10 kalori sehingga cocok bagi Anda yang sedang dalam program diet. Tauge ini bisa disajikan sebagai salad dengan jenis sayuran lain seperti tomat. Jika rajin mengkonsumsinya, Anda bisa menurunkan resiko terkena penyakit kanker karena tauge jenis ini memiliki kandungan phytochemicals yang disebut saponins untuk mencegah kanker tersebut.

Apel : Buah ini menjadi buah favorit bagi banyak orang. Selain rasanya yang manis, apel bisa divariasikan dalam bentuk makanan yang beragam. Dari mulai dikonsumsi langsung, di jus atau bahkan dipanggang dengan taburan kayu manis. Apel sangat baik untuk mencegah kanker usus, kanker payudara, serta mengurangi kadar kolesterol jahat. Semua hal tersebut karena apel merupakan buah yang kaya akan serat pectin.

Jeruk : Dengan mengkonsumsi buah jeruk ukuran sedang (sebesar bola tenis), kebutuhan vitamin C Anda dalam sehari akan terpenuhi. Vitamin C tersebut akan menjadi pertahanan tubuh terhadap penyakit. Peneliti Itali menemukan fakta bahwa jeruk mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan kulit kita. Seratnya yang tinggi juga bisa melancarkan pencernaan kita. Jika Anda bosan mengkonsumsinya secara langsung ataupun jus, ada baiknya Anda mecoba perasan air jeruk sebagai dressing bagi salad buah.

Labu : Buah yang identik dengan perayaan Haloween ini, ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, terlebih lagi bagi kualitas penglihatan kita (mata). Buah berwarna oranye atau kuning ini mengandung banyak sekali beta caroten yang selain menyehatkan mata,  juga bisa meminimalisir resiko kanker paru-paru. Antioksidan yang berkombinasi dengan potasium juga bisa mencegah kita terkena penyakit darah tinggi. Cara konsumsinya juga cukup bervariatif, seperti dibuat sup atau dijadikan sebagai topping pudding.

Raspberry : Buah cantik ini baik sekali untuk kita yang beraktifitas padat, karena vitamin C nya bisa membuat badan terasa fit dan tidak mudah lelah. Kulit kita pun akan nampak segar jika kita rajin mengkonsumsinya karena buah ini mengandung banyak antioksidan sekaligus mampu menangkal bakteri.

Kalkun : Tidak ada salahnya jika kita mengganti lauk ayam atau daging sapi dengan kalkun yang kaya akan selenium ini. Selenium tersebut akan membantu kita memperkuat daya tahan tubuh dan memerangi efek buruk polusi maupun lingkungan yang tidak bersih karena antioksidannya juga tinggi. Butuh tenaga banyak untuk beraktivitas? Jangan ragu untuk mengkonsumsi kalkun, karena niacin dan vitamin B6 nya membantu tubuh menghasilkan energi. Anda bisa coba resep kalkun panggang, namun jangan lupa untuk mengulitinya lebih dahulu supaya lemak-lemaknya hilang.

Sebaiknya pola konsumsi makanan harian Anda tidak hanya difokuskan pada karbohidrat, namun juga kadar protein yang tak kalah penting bagi tubuh. Jika ingin asupan protein terpenuhi dengan cara yang praktis, Anda bisa mengkonsumsi Nutrilite Hi Protein yang terdiri dari 3 macam varian rasa.