Meroda yaitu suatu gerakan ke arah samping yang menggunakan tumpuan ke dua tanggan dan kaki diakses lebar dengn putaran 90 derajat.

Gerakan senam lantai ini dapat di lakukan ke arah samping kanan maupun kiri gerakan senam lantai ini butuh kordinasi dan ketepatan gerak yang baik.

pada gerakan senam lantai ini beban yang ditanggung relative lebih kecil sebab pada waktu lakukan tumpuan relative lebih singkat.

Pada posting terdahulu udah dibahas materi senam lantai khususnya gerakan Guling depan (forward roll), Guling belakang (back roll).

Sebelum mangruri mengupas gerakan senam lantai ini pada artikel terdahulu udah dibahas macam – macam senam lantai, langkah lakukan sikap lilin.

Saat ini mangruri mendambakan mengupas mengenai gerakan senam lantai lainnya yaitu gerakan meroda.

Mengingatkan ulang di di dalam lakukan senam lantai diperlukan komponen kesegaran yang baik pula seperti fleksibelitas kekuatan, keseimbangan, kelincahan dan ketepatan guna di dalam gerak atau kordinasi gerak

Cara Melakukan Gerakan Meroda


Nah, bagaimana Cara melakukan gerakan senam lantai ini. Mau tau ? Yuk kita cari tahu sebagai berikut :

TAHAP AWAL

Sikap posisi tubuh berdiri menghadap ke depan. Tangan direntangkan ke atas kaki siap untuk melaukan awalan langkah. https://angalul.com

TAHAP PELAKSANAAN

Gerkan di awali dengan mengayunkan kaki ke depan sebagai tolakan, kaki yang digunakan bebas baik kaki kiri maupun kanan, andaikan gerakan di dahului menggunakan tangan kiri meletakkan tangan telapak kiri pada matras dilanjut dengan kaki kanan terangkat ke atas sampai di dalam suasana lurus sehingga tubuh berdiri dengan ke dua tanggan. Kaki kanan terangkat k dengan langsung beriringan dengan tanggan kiri terangkat kaki kanan diniringi kaki kanan mendarat.

Tahap Akhir


Posisi tubuh di dalam suasana menyamping dan posisi ke dua kaki diakses selebar bahu. Kedu tangan direntangkan ke atas di samping telingga